Sabtu, 02 April 2016

SEKILAS TENTANG LEGENDA ROCK N' ROLL INGGRIS DEKADE '70an - LED ZEPPELIN

Assalamu'alaikum Wr. Wb. !

Halo sobat semua, para penonton blog setia, dari alam nyata maupun alam gaib di seluruh alam semesta yang indah ini (copas gaya Tukul Arwana wkwk :P).
APA KABARNYA? Wish u all the Best, aaamiiiin. (biar kayak orang ultah ya hehehe)

OK Bosku semua, kali ini saya ingin membahas seputar musik rock n' roll di era '70 an.
Kan pada tau semuanya toh, kalo musik Rock n' Roll dan Blues tu ngetopnya dah lama banget, mulai sekitar taun 40 an. Dan trend itu, boooming banget hingga dekade '60 ampe '70an terutama di negara Amerika dan Inggris. Tapi di era '70an, musik - musik bergenre Blues Rock n' Roll banyak dipadukan dengan unsur Psychedelic dan Progressive, seperti band asal London, Inggris, Pink Floyd.

Tapi, yang akan saya bahas banyak di sini adalah LED ZEPPELIN, band legendaris yang mampu menjual album - albumnya sekitar 200 - 300 juta copy di seluruh dunia.

Mau tau sepak terjangnya? CEKIDOT DI BAWAH INI! \^___^/ 

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Logo Led Zeppelin yang mulai dibuat pada era perilisan album "Houses of The Holy" di tahun 1973
Logo Led Zeppelin dan lambang astrologi yang mewakili masing - masing personilnya yang muncul pertama kali dalam album "IV" di tahun 1971.

Led Zeppelin adalah kelompok musik rock dari Inggris yang dibentuk bulan September 1968, dan dibubarkan setelah pemain drum John Bonham meninggal. Led Zeppelin terdiri dari Jimmy Page, Robert Plant, John Paul Jones, dan John Bonham.

Dengan musiknya yang menonjolkan suara gitar yang keras dan berat, Led Zeppelin dianggap sebagai salah satu band heavy metal yang pertama.

Personil Led Zeppelin berfoto di depan Savoy Hotel pada 11 Desember 1969. (Kiri - Kanan: John Bonham [drummer], Robert Plant [vokalis], Jimmy Page [Gitaris], John Paul Jones [bassis])

Sebagian besar lagu-lagu mereka merupakan interpretasi musik blues dan folk yang diberi nuansa rock, termasuk rockabilly, reggae, soul, funk, jazz, musik klasik, musik Kelt, musik India, musik Arab, musik pop, musik Amerika Latin, dan musik country.


Led Zeppelin, 1969 (atas [kiri - kanan] John Bonham, John Paul Jones, bawah [kiri - kanan] Jimmy Page, Robert Plant )

Led Zeppelin tidak pernah merilis singel dari lagu-lagunya yang menjadi populer di Britania Raya. Alasannya, mereka lebih menyukai konsep musik rock berorientasi album.

Led Zeppelin, 1969 (kiri - kanan: John Bonham, John Paul Jones, Robert Plant, Jimmy Page)

Setelah 25 tahun bubar akibat meninggalnya John Bonham pada tahun 1980, Led Zeppelin tetap disanjung penggemar musik berkat pencapaian artistik, kesuksesan komersial, dan pengaruhnya yang luas di kalangan musisi rock. Hingga saat ini, album Led Zeppelin telah laku lebih dari 300 juta keping, di antaranya, 109,5 juta keping laku di Amerika Serikat, dan menjadi satu-satunya grup musik yang berhasil menempatkan semua albumnya ke dalam urutan Top 10 tangga album Billboard

Kiri - kanan: John Paul Jones, John Bonham, Robert Plant, Jimmy Page


Selain itu, Led Zeppelin menempati urutan nomor satu dalam Daftar 100 Artis Hard Rock Terbesar (100 Greatest Artists of Hard Rock) versi VH1.

Konser Reuni Led Zeppelin, 10 Desember 2007 (Kiri - kanan: John Paul Jones, Robert Plant, penabuh drum: Jason Bonham, putra John Bonham, Jimmy Page).



Pada 10 Desember 2007, tiga orang anggota Led Zeppelin mengadakan konser reuni yang dipersembahkan untuk Ahmet Ertegün di The O2, London.

Biografi

Led Zeppelin pada sebuah konseer di Tahun 1973

Berikut ini, saya coba akan kenalkan pada kalian semua tentang para personil Led Zeppelin (setau saya aja ya, jangan tanya macem - macem. Ssst! wkwkwkwk :P

1. Jimmy Page - Gitaris 

Jimmy Page, tampil classy dengan sebatang rokok
 
James Patrick "Jimmy" Page, OBE (lahir 9 Januari 1944) kewarganegaraan inggris sebagai guitaris dan leader rock band Led Zeppelin.

lambang astrologi milik Jimmy Page, "Saturn Sigil"


Page memulai karirnya sebagai musisi session studio di London dipertengahan tahun 1960. Beliau adalah anggota band the Yardbirds dari1966 sampai 1968. Di akhir 1968, Page mendirikan Led Zeppelin.

 
Jimmy Page saat membawakan lagu "Dazed and Confused", sering menggunakan Bow (alat gesek biola), untuk memainkan eksperimentasi nada dalam musiknya.


Gibson Custom Historic Jimmy Page 1275 Vintage Original Spec Double Neck Electric Guitar (with Case), digunakan Jimmy Page saat membawakan lagu "Stairway To Heaven". Ini adalah foto saat tampil live di Earls Court, Inggris, 1973.


Page dikenal sebagai salah satu gitaris terhebat dan sangat mempengaruhi banyak guitaris hebat sepanjang masa. Diantaranya Paul Gilbert, John Petrucci, dan masih banyak lagi. 

2. John Paul Jones - Bassist


John Paul Jones saat break di sesi live record di Denmark Studio, 17 Maret 1969

 
John Baldwin (lahir 3 Januari 1946), dikenal dengan nama panggung John Paul Jones, kewarganegaraan Inggris multi-instrumentalis, penulis lagu, komposer, aranser dan produser rekaman. 

Terkenal sebagai bassis, keyboardis, and co-songwriter rock band Led Zeppelin, Jones juga melakukan solo karir. Sebagai musisi multi talenta Jones juga bermain organ, gitar, koto, lap steel guitar, mandolin, autoharp, violin, ukulele, sitar, cello, continuum dan the three over-dubbed bagian dari lagu rekaman Led Zeppelin's "Stairway to Heaven".
Lambang astrologi milik John Paul Jones, "Interlaced triquetra intersecting circle"

Jones ciri khas nya yaitu rock & roll music history sebagai inovatif musisi aranser, dan director. Tercatat banyak bassis rock yang dipengaruhi oleh John Paul Jones, diantaranya John Deacon, Geddy Lee, Steve Harris, Flea Gene Simmons, dan Krist Novoselic.

Jones juga bagian dari band Them Crooked Vultures dengan Josh Homme dan Dave Grohl, dimana dia bermain bass guitar, keyboards, dan instrumen lainnya. Di November 2013, Jones melakukan turing memainkan mandolin bersama Dave Rawlings Machine.
 
Benar-benar musisi multi talenta ya guys? o_o


3. John Henry "Bonzo" Bonham - Drummer



John "Bonzo" Bonham dalam sesi latihan di studio, 1969
 
John Henry Bonham (lahir: 31 Mei 1948 – wafat: 25 September 1980) kewarganegaraan Inggris, musisi dan penulis lagu, terkenal sebagai drummer band rock Led Zeppelin. 

John Bonham saat live concert dengan Led Zeppelin


Bonham dikenal dengan kecepatan, akurasi, power, kaki kanan yang cepat, sound drum yg khas and "feel" the groove - nya. Dia merupakan salah satu drummer terbaik didalam sejarah musik rock.

Lambang astrologi milik John Bonham, "Three Intersecting Circle"
 
John Bonham muda


Rolling Stone readers menjuluki Bonham sebagai "best drummer of all time" in 2011.




4. Robert Plant - Vokalis 



Robert Plant saat live concert taun 1973
 
Robert Anthony Plant, (lahir di Birmingham, Inggris, 20 Agustus 1948) kewarganegaraan Inggris beliau seorang musisi, penyanyi dan penulis lagu. Lebih terkenal sebagai vocalis pengarang lagu rock band Led Zeppelin, beliau juga cukup sukses bersolo karir.

Lambang astrologi milik Robert Plant, "Feather Inside Circle"

Dengan pengalamannya lebih dari 40 tahun dan memiliki karakter vokal yang sangat powerful dan range vokal yang lebar (biasanya menggunakan ciri khas nya high-pitched vocal), Plant dianugerahi sebagai salah satu penyanyi rock terbaik di sejarah rock and roll,dan mempengaruhi banyak penyanyi seperti Freddie Mercury, Axl Rose dan Chris Cornell. 
Walaupun sering tertangkap kamera dengan sebatang rokok terselip di sela jarinya, yang menggambarkan dia perokok aktif, tetapi kualitas vokal Robert Plant tetap luar biasa di telinga para pecinta musik Led Zeppelin di seluruh dunia, dengan banyak penghargaan sebagai penyanyi terbaik yang diraih sebagai buktinya. 


Sedikit bahasa inggris neh
Plant was voted "the greatest voice in rock" in a poll conducted by Planet Rock.2008, Rolling Stone editors ranked him number 15 on their list of the 100 greatest singers of all time. In 2011, readers of Rolling Stone placed Plant in first place of the magazine's list of the best lead singers of all time.


TERJEMAHAN
Robert Plant divoting dalam kategori "Suara Terhebat dalam Dunia musik Rock" dalam sebuah pemungutan suara yang dibentuk oleh Planet Rock. Pada tahun 2008, para editor majalah Rolling Stones menempatkan Robert Plant pada urutan #15 dalam daftar mereka, "100 Penyanyi Terhebat Sepanjang Masa".
Pada Tahun 2011, para pembaca majalah Rolling Stones menempatkan Robert Plant pada urutan #1 dalam daftar "Penyanyi Terhebat Sepanjang Masa".

Duet Plant dan Page dalam lagu "Stairway To Heaven"

Led Zeppelin, live @ Earls Court, Inggris, 1973.

Kematian John Bonham
On 24 September, Bonham was picked up by Led Zeppelin assistant Rex King to attend rehearsals at Bray Studios.[85] During the journey, Bonham asked to stop for breakfast, where he downed four quadruple vodkas (Between 16 and 24 oz.), with a ham roll. After taking a bite of the ham roll he said to his assistant, "breakfast". 

He continued to drink heavily after arriving at the studio. The rehearsals were halted late that evening and the band retired to Page's house—the Old Mill House in Clewer, Windsor. After midnight, Bonham, who had fallen asleep, was taken to bed and placed on his side. 

At 1:45 pm the next day, Benji LeFevre (Led Zeppelin's new tour manager) and John Paul Jones found Bonham dead. The cause of death was asphyxiation from vomit; an autopsy found no other drugs in his body. Bonham was cremated on 10 October 1980, and his ashes were buried in the graveyard of St Michael's Church in Rushock near Droitwich, Worcestershire.

TERJEMAHAN
Pada tanggal 24 September 1980, Bonham dijemput oleh asisten Led Zeppelin Rex Kings untuk menghadiri latihan di Bray Studios. Selama perjalanan, Bonham meminta untuk berhenti untuk sarapan, di mana ia memilih empat gelas vodka quadruple (Antara 16 dan 24 oz.), dengan roll ham. Setelah mengambil gigitan ham gulungan ia berkata kepada asistennya, "sarapan".

Dia terus minum berat setelah tiba di studio. Latihan dihentikan akhir malam itu dan band beristirahat ke rumah Jimmy, "the Old Mill House", di Clewer, Windsor. Setelah tengah malam, Bonham, yang telah jatuh tertidur, dibawa ke tempat tidur dan diletakkan di sisinya.

Pada 13:45 hari berikutnya, Benji LeFevre (manajer tur baru Led Zeppelin) dan John Paul Jones menemukan Bonham meninggal. Penyebab kematian adalah sesak napas dari muntahan; otopsi tidak menemukan obat lain dalam tubuhnya. Bonham dikremasi pada tanggal 10 Oktober 1980, dan abunya dimakamkan di pemakaman Gereja St Michael di Rushock dekat Droitwich, Worcestershire. Sebuah putusan kematian karena kecelakaan dikembalikan pada pemeriksaan diadakan pada 27 Oktober 1980. 

FAKTA UNIK TENTANG LED ZEPPELIN
  1. Moby Dick (1969) menjadi Track Solo Drum pertama didunia yang dimasukkan kedalam album, diikuti oleh drummer-drummer generasi selanjutnya, kemudian John Bonham dinobatkan sebagai drummer terbaik waktu itu.
  2. Lagu Black Dog merupakan lagu yang aneh dan rumit secara aransemen menurut kritikus dan musisi.
  3. Stairway To Heaven pernah menjadi lagu paling abadi no. 2 Setelah Bohemiam Rhapsody (Queen).
  4. Led Zeppelin merupakan band paling berpengaruh di AS dibandingkan di Inggris.
  5. Guns n Roses, Queen, Metallica, Dream Theater, Whitesnake, AC/DC, Twisted Sister, KISS merupakan band besar yang mengaku terpengaruh oleh Led Zeppelin.

Mungkin cukup sekian dulu ye seputar Led Zeppelin yang dibahas?
Maybe next time, kita bahas lagi yang lain.

Terimakasih atensinya saudara saudari semuanya.
Hopefully, bisa enjoy dan nambah wawasan seputar sejarah musik Rock n' Roll dan perkembangannya hingga era Gadget dan serba tekno ini.

Sekian, Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

sumber:

0 komentar:

Posting Komentar

Mau komen? Silahkan. Tapi yang sopan yaaa? hehehe :D

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More